Setelah beberapa kali mengunjungi pantai, haluan berganti menjadi gunung. Gunung yang akan gue daki adalah gunung yang berada di kota Batu, Gunung Panderman. Gunung ini terkenal juga di negeri Belanda, karena nama Panderman diambil dari nama seorang Belanda Van der Man, yang mengagumi keindahan gunung itu pada masanya. 

Gunung Panderman memiliki tinggi sekitar 2000mdpl. Kira-kira cuma butuh waktu 3 jam buat menuju puncak dari gunung ini. Waktu yang sama seperti mendaki gunung Kembar I ke Gunung Kembar II dulu bareng kawan-kawan Indi. Bersama R-CUTZ ( temen-temen komplek ) akhirnya gue berangkat dengan berbekal semangat tinggi dan doa kepada Yang Maha Kuasa. 

17/07/13 
Kami tiba di lembah Gunung Panderman dan segera naik untuk membangun tenda di Latar Ombo dalam keadaan hujan. Kawasan Latar Ombo adalah pos pemberhentian pertama saat menuju ke Gunung Panderman. Pos pemberhentian kedua setelah Latar Ombo adalah kawasan Watu Gede. Dinamakan Watu Gede karena terdapat sebuah Batu Besar di kawasan ini. Disini kita bisa menikmati suasana yang sejuk dan pemandangan yang indah kota Malang dan Batu. 



Dari Latar Ombo kita bisa melihat kota Batu dan kota Malang yang terbentang di bawah, dihiasi dengan lampu-lampu berkelap kelip yang menambah indahnya suasana malam di Panderman. Apalagi langit yang terbentang luas penuh dengan bintang-bintang, dan kabut yang mulai merayap menambah indah suasana malam. Mungkin buat sebagian orang, Malang termasuk kota yang dingin, tetapi dinginnya Panderman bisa dibilang 3 kali lebih dingin dari kota Malang. Bahkan suhu sekitar 8 derajat sempat mampir sekitar pukul 1 malam. 

18/07/13 
Akhirnya waktu yang ditunggu pun tiba. Sekitar pukul 2 dini hari kita membereskan tenda dan bersiap menuju puncak. Perjalanan panjang nan terjang dimulai. Gelap kita lawan, rumput ilalang kita terobos, tanah licin setelah hujan meskipun membuat kami terpeleset berkali-kali tapi kami tetap bangkit. Hanya senter yang menerangi jalan kami ke puncak, dan hanya semangat yang tetap membuat kami tak menyerah. Perjalanan yang bisa dibilang penuh perjuangan ini akhirnya berakhir. 


Tepat pukul 04.58 kami sampai di Puncak Gunung Panderman. Pemandangan dari sini … Menakjubkan!! 



Dipuncak panderman banyak sekali monyetnya, sehingga kami harus berhati-hati menaruh barang agar tidak diambil oleh monyet-monyet. 



Akhirnya setelah puas menikmati Kota Batu dari atas awan, kami menyiapkan tenaga untuk turun dan bergegas kembali pulang.